Langsung ke konten utama

Perjalanan Di Umur 20 Tahun

Sebenarnya malas untuk gue ungkap sesuatu yang mungkin orang gak ngerti dan bahkan gak peduli. Malam ini gue masih bersama dengan sejuta target atau mimpi yang belum kesampaian. Mungkin beberapa dari lo punya rasa yang sama kek gini "Lo? 20 tahun masih gini-gini aja?".

Cuman,entah apa mungkin ini efek lockdown gue akhirnya speak-up masalah ini. Banyak yang gak tau tentang gue itu gimana sebenernya? Actually, im introvert. Untuk orang-orang yang ngerti gue introvert mesti bingung melihat diri gue mempotray diri di sosial media.

Terutama saat gue jadi penyiar dan mulai nge-podcast. Really, itu bikin bingung pasti. Dimana gue gak terlihat (mungkin) memiliki kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang. Until now ,gue bisa dibilang masih introvert. Gue masih males angkat telpon , males keluar rumah.

Dan perilaku introvert lainnya. Tapi gue berusaha untuk keluar dari lingkup itu every single day. Di umur 12 tahun, saat itu gue inget banget gimana gue keluar dari zona bangke  ini agar gue bisa dapat temen. Gue mencoba bermimpi menjadi penyiar.

Karena waktu itu, pemikiran gue penyiar itu mungkin banyak temen. Akhirnya gue patokin "Someday, gue harus  jadi penyiar". Karena dulu gue gk ada temen, gue sering bacot lewat tulisan, dulu gue sering banget di perpus. Mungkin perpustakaan adalah rumah kedua saat itu.

Gue selalu baca buku , nulis setiap hari sampe gue punya blog sendiri. Saat itu gue mencobs menulis apa yang gue alamin. Dan gue inget dulu ada temen gue yang gak suka kalo gue nulis. Dan goblok nya, gue ikutin kata-kata dia agar gue stop nulis. Gue masih belom sadar. padahal

Itu jalan kesuksesan gue saat itu. Hingga gue sadar, kalo yang gue lakuin itu salah. Bahwa gue gak boleh ngikutin orang2 yang bikin kita ragu, dalam ngejar apapun. A day gue learn something.
Tahun 2016, gue masuk sebuah SMK dimana gue pengen banget masuk jurusan yang gue idamkan.

Selain penyiar gue juga pen jadi ahli komputer, so gue ambil jurusan TKJ . Btw di umur segitu gue masih polos pemikiranya ,kalu masuk TKj gue bakal jadi itu🤣. Tapi kalo niat si bakalan happen. Gue udh persiapin dengan nilai segitu pasti gue isa keterima.

But, tuhan berkata lain gue diterima di jurusan yang asal gue pilih aia saat itu. Yaitu Broadcasting. Damn 100 plan yang gue mau jalanin gagal seketika. Gue benci banget saat itu sama diri gue. Disitu gue bener2 kecewa banget. Gue bingung mau jadi apa setelah lulus nanti.

Perjalanan masih berlanjut, gue harus bangkit. Gue harus hadapi ketidaktahuan gue tentang jurusan ini. Saat itu gue bener2 gak tau dong apa itu Broadcast. Lagi-lagi gue percaya keajaiban pasti akan datang tiba-tiba. Ternyata disitulah passion gue berkembang.

Akhirnya Gue tau banget tentang broadcasting ,setelah gue 1 bulan sekolah di jurusan itu.  gue mulai nyusun kembali planing2. Disitu passion gue berkembang dan gue yakin banget kalo gue bisa jadi Penyiar/ Presenter Tv.

Dan disitu juga akhirnya jalan nulis gue kebuka kembali untuk bikin script dan menyutradarai sebuah film (btw film untuk tugas ya) dan gue seneng banget ketika Tugas akhir untuk syarat kelulusan Iklan Layananan Masyarakat yang gue bikin bareng temen2 kelas bisa jadi yang terbaik.

Disitu gue makin seneng banget. Hingga pada akhirnya tiba saat nya kelulusan, gue bimbang banget di umur 18 tahun gue mau jadi apa setelah lulus? Apa bisa modal SMK doang gue bisa jadi Penyiar/Presenter Tv terkenal? Akhirnya gue memutuskan untuk kuliah mengambil jurusan TV.

Di ISI. ISI adalah tempat dimana gue pengen banget nyalurin hobby gue dan passion gue serta gue mau buka relasi selebar mungkin. Sayangnya , ortu gue gak mampu untuk biayain kuliah semahal itu. Tpi gue gak nyerah, gue cari beasiswa hingga ketemu beasiswa bidik misi.

Setelah semua gue persiapin ,lagi lagi gue gagal untuk masuk jurusan Impian kembali. Nangis banget, setelah gue jauh dari Pekalongan- Jogja gue gak dpat apa-apa. Gue cuman bisa nangis dan nyesel kenapa kok tolol banget. Lagi2 gue belajar kembali bahwa kita gak boleh judge diri kita sendiri, apapun keadaannya harus bangkit dan nyari solusinya. Disitu gue dendam dengan untuk tidak kuliah lagi. Gue habis 2 jutaan lebih untuk ngejar mimpi gue. Tpi gue gak nyerah 2018 Maret kalo gak salah gue coba daftar kerja , awalnya gue ragu, apa bisa?.

Secara di kota gue, jurusan gue ini jarang ada lapangan pekerjaannya. Gue coba terobos semua pekerjaan , mulai dari Barista, Crew PhD, Sales Batik , dan Guru Bimbel. Dari keeempat krrjaan yg udh gue kirim lamaran. Cuman Guru Bimbel yang gue keterima.

Gue gak nyangka, akhirnya gue dapat pekerjaan, walaupun kecil tapi gue seneng. Gue isa dapatin 1 bulan itu hampir 1 juta. Bagi gue itu udah lebih dari kata cukup. Orang tua gue seneng. Dan gue sedikit membantu perekonomian mereka. Gue disini seneng juga.

Tuhan membuka jalan kembali, saat juni 2018, dimana ada loker penyiar disitu gue happy banget. Gue mencoba lamar jadi penyiar. Kerjaan yang gue impikan selama bertahun2 akhirnya dibuka. Ketrima. Disinilah awal karir gue dimulai. 18 tahun gue isa jadi penyiar dengan gaji cukup.

Ditambah bimbel. Menurut gue sudah sangat cukup. Satu tahun lebih gue menjalani jadi penyiar. Seru banget. Hingga di bulan agustus 2019, sesuatu terjadi di kantor gue. Gue ngerasain umur 18 otw 19 tahun gue ngeliat phk massal. Sedih sih, disini gue juga pisah sama partner kerja.
Hanya 4 penyiar yang dipertahankan.  Salah satunya gue. Gue sedih banget ,berat juga. Kalo gue keluar mimpi gue gimana. Akhirnya gue coba jalani itu semua. Tapi lama2 kelamaan boring karena tidak full time lagi. Gue ngerasa gue gk asik banget waktu itu. Gaji dipotong, Jam tayang berubah dll. Everything has changed. Hingga gue mutusin untuk kuliah kembali dengan ambil beasiswa kembali. Gue ketrima di salah satu universitas dikota gue sendiri. Jurusan Manajemen Informatika. Disini gue mulai seneng karena gue bisa sambil kerja.

Hingga tiba waktu nya gue ambil keputusan bahwasannya sekolah bea itu penuh tuntutan, lo harus aktif organisasi dll. Dan gue gak bisa kerja jd penyiar lagi karena jam nya tidak bisa dikendalikan. Akhirnya Januari 2020 Tanggal 1 gue resign.

Sedih banget, ninggalin semuanya yang ada di radio. Crew yang hangat. Fans yang baik. Disini juga gue dikenal banyak orang, dengan nama brand Ayu Shita( btw ini nama udara saat jd penyiar).but gue selalu belajar slm 20 tahun ini & w masih terus keep learning to get something new.

Disinilah gue belajar banyak tentang kehidupan. Gagal itu selalu ada dimanapun lo berkarya dan kapanpun. Lo juga bisa tau siapa aja yang mendukung lo, ngasih penghargaan dan yang selalu ngeraguin.
Tinggal gimana lo bersikap buat idup lo dan ngadepin tipe2 orang seperti ini.

Terimakasih, gue ucapin. Gue tau di luar sana banyak orang yang lelah, cape , pengen berhenti, tapi coba lo lihwt orang2 di sekitar lo pengen lo berhasil entah kapan , tapi harus percaya . You can get it. Belive.♥️ Kita gak isa ngikutin omongan orang, Nyaman nya kita tergantung kita sendiri bukan orang lain. Lo yang berhak tau semuanya tentang apa yang ingin lu kejar. Bukan orang lain.
Mungkin itu aja si, maaf banget kalo gue bacod terlalu lama. Gue gak maksa orang buat tau ini. Gue hanya ingin nyampein barangkali ada yang sedang terpuruk hanya ngeliat kegagalan. Begitupun juga gue, hidup gue masih berlanjut dan gue juga msih punya mimpi2 lainnya. Yang harus gue capai.

♥️
Semangat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Work From Home #KerjaDitengahPandemi

Selamat datang di blogger ku. Jujur, aku lagi santai dan mencari inspirasi untuk menulis,  eh ketemu tentang "selama dirumah aja emang ngapain si?".  Ini adalah tulisanku yang ke - 6 setelah aku membatalkan project besar kompetisi blogger karena waktu yang tidak memungkinkan.  Nyesel banget, tahu informasi bener-bener telat. But it's okey keknya emang bukan rejekinya.  Hari ini mau share aja pengalaman selama dirumah tapi menghasilkan. Alhamdulillah.  Kemarin, banyak sekali pertanyaan yang masuk ke akun media sosial ku terutama whatshaap. Gak jarang dari temen-temen pengen tau?  # CiyahKeppo :v "Kamu ngapain aja emang dirumah kek gini?". "Kerja si, jangan bucin terus". (Padahal tipe orang yang privasi banget kalo soal hubungan😃) Haha, lucu-lucu dan beberapa dari mereka ada salah satu pertanyaan menarik yang mampir ke kolom chat.  "Kamu kerja dimana sekarang?".  Well, mendengar kata kerja dimana itu ada kek semacam bumbu sakit gitu, karena

Hallo, Manusia Es Batu.

  Hallo, Manusia Es Batu. Mulai dari mana ya, bingung. Ini adalah cerita pendek romansa yang aku buat sendiri untuk konten isi bloggerku . Jujur agak deg-deg kan ya! karena ini terinspirasi dari kisah aku sendiri. Bentar! Kenapa Manusia Es Batu? Coba kenapa? Hehe. Jadi manusia es batu ini bukan dari kutub utara ya! dan bukan juga terbuat dari es batu juga! Sifatnya yang kaya es batu kadang pengen ku makan sampai habis. Haha. Langsung saja aku yakin kamu juga kepo namanya! Jadi namanya Mas Ian.   Panggilan mas emang selalu hangat didengar. Mas ku ini agak unik ya, selain itu dia juga agak absurd. Bertemu dengan dia tepat saat aku masih masuk dunia perkuliahan awal-awal. Orangnya tinggi, besar seperti Giant! Tapi gak kaya titan si. Cuman agak dingin! Kaya es!. Jadi, pertemuan kita diawali dengan peristiwa flashdisk yang sampai saat ini terngiang-ngiang di kepala. Gara-gara seonggok flashdisk dan bujuk rayunya aku jadi benci banget sama dia. Setiap bertemu dengan mas selalu ingin

I Realize Something

Pandemi dan virus ini masih bergentayangan di muka bumi. Di hari-hari tertentu ada dimana saat aku mulai merenungkan hal-hal yang ada on ma fucking life. Salah satu contoh akun youtube kemarin malam, aku coba untuk mencari-cari sebuah catatan kecil atau vidio singkat lah yang emang relate sama kejadian di kehidupan sehari-hari. I realize something. Asli, aku sendiri adalah orang yang mungkin mati rasa akan cinta, mungkin aku tidak begitu pro dalam hal apapun soal cinta. Karena aku sendiri sudah lama gak main-main sama hati. Some poin is ketika kita jatuh cinta, berarti kita siap untuk patah. Apa yang orang lihat ke aku selama ini mungkin orang terlalu expect to high. Sampai  kadanh bikin aku lupa bagaimana aku men-treatment diri aku sendiri untuk bahagia ataupun nyaman. Dan menuruti apa mau mereka. Aku yang harus begini di depan mereka, How for being a really fucking fake person?. Disini aku merasa salah. Lagi- lagi a day I learn. Konsep tipis yang menurutku manjur.  Orang